Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

Pusbangjusinfo Kwarda Yogyakarta Adakan Sosialisasi Tugas Pokoknya

Yogyakarta - Pusat Pengembangan Jurnalistik dan Sistem Informasi (PusbangJusinfo) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) melaksanakan sosialisasi kepada jajaran Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka se-DIY, di Aula Lantai 2 Kwarda DIY, Selasa (19/01/2021).

Sosialisasi tersebut diadakan untuk penjabaran terkait tugas pokok Pusbangjusinfo yakni pengembangan jurnalistik.

"Ke depan akan ada pemetaan sekaligus penjaringan pewarta-pewarta pramuka," kata Ketua PusbangJusinfo, Bambang Pamungkas.

Ada 4 hal terkait cakupan pengembangan jurnalistik yang disampaikan oleh PusbangJusinfo kepada para peserta sosialisasi.

Yakni pengelolaan SDM, koordinasi dan konsolidasi, membuat alur informasi yang rapi, serta fasilitasi media bagi para pewarta.

"Pusbangjusinfo Kwarda DIY akan menjadwalkan Bimbingan Teknis Jurnalistik Dasar. Termasuk mengoptimalkan pelaksanaan secara daring dan menyempurnakan sistem kursus secara online agar bisa terus dilakukan meski dalam kondisi pandemi COVID-19 ini," jelas Bambang.

Kwarda DIY memberikan ruang seluas-luasnya bagi Andalan Pramuka di wilayah DIY untuk bisa berekspresi dan menyampaikan berbagai materi edukasi melalui media-media kwarda.

"Semoga akan mampu tercipta pewarta-pewarta pramuka istimewa yang selain bisa mewartakan kegiatan juga akan menambah wawasan literasi bagi seluruh pramuka di DIY," ujar Bambang. 

Kegiatan dihadiri oleh Andalan Kwarcab Kulon Progo, Bantul, Gunungkidul, Sleman, dan Kota Yogyakarta yang membidangi kehumasan, Ketua Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega tingkat Cabang (DKC).

Acara sosialisasi diawali penyerahan piagam apresiasi istimewa atas keaktifan media sosial khususnya instagram Kwarcab yang dikelola oleh para pengurus DKC se-DIY.

Untuk diketahui kepengurusan Pusbangjusinfo Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta masa bakti 2020-2025 dilantik pada 19 Desember 2020 lalu oleh Ketua Kwarda DIY, GKR Mangkubumi.