Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

Kwarcab Sibolga Laksanakan Perkemahan Sigalang

Ka Kwarcab menyerahkan piala bergilir kepada
ketua panitia | Foto : Putma Suryadi
Sibolga - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Sibolga menggelar perkemahan pertasi penggalang (Kemah Sigalang) yang dilaksanakan selama lima hari dari 16-20 November 2016, di Bumi Perkemahan (Bumper) Pramuka Aek Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Sibolga, Nurdin Z dalam arahannya menyampaikan, Gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan non formal diluar sekolah. Pramuka adalah kumpulan orang-orang muda yang memiliki semangat, disiplin, berani dan bertanggung jawab. Kegiatannya dilakukan di alam terbuka, mengukir prestasi untuk unggul dalam segala bidang.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu melahirkan generasi muda yang berprestasi serta multi fungsi. Berakhlak baik, terutama dalam menghormati orang tuanya. Sehingga generasi muda kedepan Khusunya di Sibolga benar-benar menjadi anak yang unggul dan jauh dari pergaulan yang tidak sehat," Kata Nurdin saat membuka kegiatan Kemah Sigalang, Kamis (17/11).

Peserta kemah sigalang saat upacara pembukaan
| Foto : Sofyan Tambunan
Nurdin menjelaskan, generasi muda Indonesia saat ini seolah kehilangan jati dirinya, hal itu diikuti seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih yang disalahgunakan manfaatnya. Gerakan pramuka sebagai wadah pembinaan karakter melalui kegiatan yang dilakukan diharapkan mampu memperbaiki moral generasi muda.

"Sibolga saat ini darurat penyalahgunaan lem kambing, dimana para pelakunya merupakan para pelajar SD dan SMP. Ini sangat mengkhawatirkan, sebab penyalahgunaan lem kambing dapat merusak mental dan mengakibatkan kematian," ucap Nurdin.

Nurdin juga mengajak, anak pramuka harus berani melawan arus jaman yang dapat merusak moral. Sebab, jika hal itu tidak dilawan, diyakini kedepan tidak ada lagi calon pemimpin yang benar-benar memiliki karakter baik. Akhirnya bangsa ini terus berjalan tanpa perubahan kemajuan.

"Mari jadikan kegiatan ini sebagai ajang untuk belajar hidup mandiri. kemah Sigalang ini bukan hanya saja ingin mengejar juaranya atau prestasinya, melainkan menjadi pembelajaran bagi diri anggota pramuka untuk menjadi orang baik dan saling berbagi satu dengan yang lainya. Selamat berkemah dan selamat mengukir prestasi, jaga kesehatan dan jaga nama baik sekolahnya," ucapnya.

Sebelumnya, Roslina Harahap S.Pd. Mat. MM selaku ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan. Kegiatan raih prestasi itu diikuti sebanyak 11 Gugus depan (gudep) yang terdiri dari, 8 gudep dari Sibolga dan 3 Gudep dari Kabupaten Tapteng.

"Kegiatan Perkemahan Sigalang ini dilaksanakan sejak tahun 2010 dan merupakan agenda Tahun Gerakan Pramuka Kota Sibolga. Sedangkan bentuk kegiatannya disamping berkemah, juga ada lomba prestasi kepramukaan, diantaranya lomba teknik kepramukaan, dan lomba ilmu pengetahuan. dan memperebutkan piala bergilir Ketua Kwarcab Pramuka Kota Sibolga. Kita berharap semoga acara ini dapat berjalan sukses," tandasnya. (Haris Sikumbang).