Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

Ka Kwarcab Buka Perkemahan Siaga

Peserta Perkemahan Siaga | Foto : Sukriadi
SIBOLGA - Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Sibolga, Nurdin.Z membuka perkemahan prestasi siaga tahun 2016 yang diikuti sebanyak 300 orang anggota Pramuka Siaga (tingkat SD) se Kota Sibolga ikuti perkemahan prestasi siaga tahun 2016, bertempat di alun-alun Simaremare Kota Sibolga. Sabtu (5/11/2016).

Dalam arahannya Nurdin Z menyampaikan, Gerakan Pramuka merupakan organisasi Pendidikan non formal yang kegiatannya banyak dilakukan di alam terbuka, tujuannya untuk mendidik generasi muda bangsa Indonesia yang berkarakter, berkepribadian baik serta berwawasan luas.

"Gerakan Pramuka pada hakekatnya menempah anak-anak Indonesia agar menjadi generasi penerus yang memiliki wawasan kebangsaan yang hebat, memiliki rasa percaya diri tinggi dan mempunyai tanggungjawab dengan dilandasi satya dan dharma pramuka," Kata Nurdin saat membuka kegiatan tersebut.

Dikatakannya, melalui kegiatan kemah prestasi siaga, diharapkan dapat melahirkan anak- anak yang baik dan berprestasi, serta berbakti kepada orang tua.

"Anak-anak kami, kemah siaga ini bukan hanya sekedar mencari juara dan prestasi, melainkan mencari pengalaman baru, teman baru, serta ilmu baru. Kalah menang itu hal yang wajar dalam sebuah kompetisi, tapi persahabatan lebih daripada kemenangan yang diraih," ucap Nurdin.

Diakhir sambutannya, Nurdin menambahkan, bahwa di Kota Sibolga saat ini penyalahgunaan lem kambing sudah masuk kepada tahap yang mengkhawatirkan, khususnya kepada pelajar SD dan SMP. Oleh karena itu ia mengajak anggota pramuka khususnya Siaga harus berada digarda terdepan dalam memutus mata rantai penyalahgunaan lem kambing dan zat adektif lainnya.

Sebelumnya ketua panitia, Halimah Tusakdiyah dalam laporannya menyampaikan kegiatan kemah prestasi siaga tersebut merupakan agenda Tahun Gerakan Pramuka Kota Sibolga, dan melalui kegiatan ini Anggota Pramuka bisa menunjukkan prestasi baik  akademik maupun non akademik.

"Kegiatan ini di ikuti 11  gugus depan dengan peserta sebanyak 300 anggota. Sedangkan materi lomba yang diperlombakan adalah lomba tata upacara bendera (lotub), lomba ketangkasan isyarat baris berbaris, lomba pionering, dan lomba kreasi yel-yel," sebutnya.(Haris Sikumbang)