Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

Musppanitera Cabang 2015 Aman dan Lancar

Arya Wirawan Panjaitan Ketua DKC terpilih

Ka.Kwarcab saat pelantikan Pengurus DKC periode 2015-2018
Sibolga | Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putri Putra (Musppanitera) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Sibolga berjalan akan dan lancar. Ketua Kwarcab Pramuka Kota Sibolga, Kak Nurdin Z dalam arahan saat membuka Musppanitera mengatakan bahwa Musppanitera bukanlah acara rutinitas belaka tetapi merupakan kegiatan yang melatih anggota pramuka dalam mengamalkan Darma "patuh dan suka bermusyawarah" oleh karena itu meskipun berbeda pendapat tetap bersatu dalam tujuan yang lebih mulia yaitu memperkenalkan jati diri pramuka yang sesungguhnya kepada generasi muda.

Musppanitera yang digelar 4 februari lalu diikuti oleh perwakilan dari masing masing gugus depan yang khusus Kwarcab Sibolga gugus depan merupakan pemilik suara dalam Musppanitera cabang karena sebagai gugus depan khusus, Sibolga tidak memiliki Kwartir ranting.

Musppanitera Cabang yang diperuntukkan bagi pramuka penegak dan pandega untuk bermusyawarah memilih pengurus DKC yang merupakan bagian integral dari kwartir cabang dalam melakukan pembinaan pramuka penegak dan pandega dalam pengawasan orang dewasa. Oleh karena Musppanitera ini penting maka diharapkan keseriusan seluruh peserta dalam mengikutinya.

Musppanitera cabang 2015 yang dibuka oleh Ka.Kwarcab dihadiri oleh 11 gugus depan tingkat penegak dan pandega dari 13 gugus depan yang punya hak suara. Sehingga total suara dalam musppaniyera 2015 lalu adalah 12 suara termasuk 1 suara dari pengurus DKC sebelumnya. Amatan PS.online, Musppanitera yang dilaksanakan di gedung Bazis jln. S.Parman tersebut berjalan aman dan lancar. Turut hadir pada pembukaan Musppanitera diantaranya Kapusdiklatcab Kak Roslina Harahap, Wakabinamuda Kak Halimatussakdiyah, Ancu Urusan Penegak Samsul Pasaribu dan lain lain.

Jalannya Musppanitera
Ka.Kwarcab menyematkan tanda jabatan kepada Arya Wirawan
Setelah dibuka oleh Ka.Kwarcab, berdasarkan tata tertib sidang, pengurus DKC memimpin jalanya sidang pendahuluan yang menetapkan agenda acara, tata tertib dan mekanisme lainnya. Pasca menyampaikan laporan pertanggungjawaban DKC periode 2012-2014,  pengurus DKC dinyatakan demisioner.

Berikutnya, dilakukan sidang sidang komisi dan diakhiri dengan proses pemilihan ketua DKC. Dalam pendaftaran cqlon ketua DKC, pimpinan sidang Kak Rio Prahayudi melaporkan bahwa ada 3 calon ketua DKC periode 2015-2018, akan tetapi satu orang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan sehingga hanya ada 2 calon ketua DKC.

Saat penyampaian visi dan misi, salah satu calon ketua DKC atas nama Eli Arianto S menyatakan mengundurkan diri sehingga hanya terdapat satu calon tunggal. Dengan demikian paripurna memutuskan menetapkan Arya Wirawan Panjaitan sebagai ketua DKC terpilih secara aklamasi.

Pasca penetapan Arya Wirawan sebagai ketua terpilih, pimpinan sidang selanjutnya menetapkan formateur. Dan formateur pun melakukan rapat untuk menentukan personalia komposisi DKC. Rangkaian Musppanitera pun mencapai titik akhirnya. Sesaat sebelum penutupan Musppanitera, Ka.Kwarcab melantik pengurus DKC periode 2015-2018 disaksikan oleh seluruh peserta Musppanitera dan pengurus Kwarcab Kota Sibolga.