Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

Mematangkan Kemampuan Baris-berbaris, 45 Orang Hasil Seleksi Tetap Dilatih


Sibolga | “Mau makan jalan jongkok habis makan lompat kodok dicaci dimaki dan dibentak-bentak,”. Itulah sepenggal lirik dari nyanyian 45 orang hasil seleksi Pasukan Kibar Bendera (Paskibra) Barisan 45 Kota Sibolga yang sedang mengikuti latihan baris-berbaris di Lapangan Simare-mare, Selasa (2/7/13).

Acara latihan yang dimulai dengan berlari mengitari lapangan sambil menyanyikan lagu-lagu latihan tersebut berguna untuk membangkitkan semangat dan selalu dilakukan setiap saat latihan. Setelah berlari semua anggota akan melakukan senam dengan dipimpin oleh salah seorang dari anggota. Pada saat latihan itu juga para anggota akan diwajibkan melaksanakan sholat jika tiba waktu sholat tujuannya adalah sebagai bentuk impelementasi dari Darma Pramuka yakti Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Dewan Kerja Kwartir Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Kota Sibolga, Rio Prahayudi Simbolon mengatakan, kegiatan latihan tersebut bertujuan mematangkan kemampuan baris-berbaris anggota untuk lebih baik kedepannya sebagai anggota Paskibra Kota Sibolga terutama sebagai Paskibra 45.

“juga bertujuan untuk lebih mengkompakkan rasa kebersamaan dan tali silaturahmi antar sesama anggota yang terdiri dari berbagai sekolah, kesatuan, adat, ras dan agama menjadi satu dalam hal menjalin kebaikan untuk kemajuan bersama,”ungkap Rio.

Salah seorang tim pelatih, Putma Suryadi juga menambahkan bahwa tahapan pelatihan yang dijalankan yakni pada 25 menit pertama pelatihan dilakukan secara terpisah dengan cara pelatihan putra dilaksanakan oleh Rio Prahayudi Simbolon dan Putri oleh Wakil Sekretaris DKC Kota Sibolga, Arya Wirawan.

“Itulah pembagian untuk 25menit pertama, setelah kegiatan makan dan minum usai, pasukan putra dan putri akan digabung dengan satu komando untuk penyamaan gerak dan langkah yang langsung saya komandoi dan dibantu oleh kedua rekan saya tadi,” tuturnya Putma.

Kegiatan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2002 yang lalu merupakan program kerja tahunan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota SIbolga sebagai wujud keseriusan Gerakan Pramuka khususnya di Kota Sibolga dalam hal melakukan pembinaan generasi muda yang berakhlak, taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, patuh pada orang tua dan disiplin.

Ketua DKC Kota Sibolga, Sukriadi Tanjung juga menjelaskan bahwa latihan baris-berbaris yang dimulai semenjak kelulusan 45 orang menjadi anggota Paskibra Barisan 45 tersebut akan terus dilakukan hingga latihan gabungan bersama dengan Pakibra kelompok 17 dan 8 pada 15 Juli 2013 mendatang. Namun disamping pelaksanaan latihan baris-berbaris para anggota Paskibra Barisan 45 akan diberikan pembekalan dari instansi-instansi terkait hingga pelantikan anggota menjadi Pramuka Penegak Bantara.

“Latihan gabungan nantinya akan diasuh oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Kota Sibolga. Tetapi para pelatihnya merupakan terdiri dari unsure TNI dan Sipil,”ucap Sukri.(Arya)

lihat photonya klik disini