Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

Sabtu, Kwarcab Sibolga Sosialisasi UT

Sibolga - Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkhusus kepada calon mahasiswa Universitas Terbuka yang di kelola oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga bekerjasama dengan Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBBJJ-UT) Medan akan melaksanakan Sosialisasi Universitas Terbuka pada Sabtu (18/5).

“Dasar pemikiran pelaksanaan sosialisasi ini dikarenakan kekhwatiran masyarakat yang masih tabu tentang program perguruan tinggi yang ada di Kota Sibolga semenjak adanya problema yang terjadi akhir-akhir ini di Kota Sibolga yang berkaitan dengan Perguruan Tinggi, dan sosialisasi ini diharapkan mampu menjawab segala keresahan bagi orang-orang yang ingin melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi serta tidak akan mengganggu proses pekerjaan atau yang tidak punya banyak kesempatan untuk duduk di bangku perkuliahan,” jelas Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru sekaligus Kordinator Pengelola UT, Evi Dahliani Nasution, S.Pd, M. Pd disela-sela kesibukannya dalam mempersiapkan sosialisasi.

Sosialisasi itu nantinya diharapkan mampu menghadirkan peserta kurang lebih sebanyak 250 orang dari 400 undangan sosialisasi yang telah disebar ke seluruh wilayah pendidikan yang ada di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). Berbagai persiapan pun telah banyak dilaksanakan, dimulai dari penyebaran informasi berupa pemberitahuan dan selebaran brosur Universitas Terbuka keseluruh Sekolah-sekolah yang ada di Sibolga – Tapanuli Tengah.

“Kita juga menyebarkan undangan peserta sosialisasi ke berbagai tempat dengan menurunkan 4 tim, tim satu, Putma dan Torang untuk daerah Sibolga dan mencakup sebagian daerah Pandan, tim dua, Rizal dan Wansa ke daerah Lumut – Pinang Sori, tim tiga, Eli, Samsudin dan Boy akan ke daerah Sorkam, dan tim terakhir, Arya dan Figusda untuk daerah Kawasan Kecamatan Barus serta undangan untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah(SKPD) se – Kota Sibolga dan Instansi terkait, acara ini juga direncanakan akan langsung dibuka secara resmi oleh Bapak Walikota Sibolga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Sibolga, Drs.H.M Syarfi Hutauruk dan sosialisasi langsung akan disampaikan oleh Kepala UPBJJ UT – Medan,” terang Ibu dari 3 orang anak ini.

Ditambahkan Sekretaris Panitia, Putma Suryadi bahwa persiapan yang telah dilaksanakan berupa penyediaan tempat berdasarkan permohonan izin pemakaian gedung dari pihak Kwarcab Pramuka Sibolga kepada Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (P2T) Kota Sibolga yang nantinya kegiatan ini bertempat di Gedung Nasional, dan waktu pelaksanaannya pada Sabtu, 18 Mei 2013.

“Segala kebutuhan lainnya mulai dari perlengkapan upacara pembukaan, sesi tanya jawab seperti mic wireless, dan perlengkapan ruangan yang meliputi dari segi pelengkap sound system tata letak ruang, petugas upacara pembukaan yang nantinya akan dibuka dengan didahului upacara nasional dan bahkan hal terkecil juga sudah diperhitungka,” terang Putma.

Ditempat terpisah, berdasarkan keterangan tim penyebar undangan sosialisasi, yaitu tim 4 daerah Kecamatan Barus dan sekitarnya. Banyak masyarakat yang menyampaikan rasa antusias dengan kehadiran Universitas Terbuka yang dikelola Oleh Kwarcab Pramuka Sibolga, karena akan sangat membantu dalam hal proses jalur pendidikan yang di tempuh tanpa harus menganggu kesibukansehari-hari.

“Bahkan diantaranya ada yang berharap secepatnya agar dibuka juga untuk program jalur pasca sarjana (S2) bagi guru-guru yang tidak punya banyak waktu luang untuk melanjutkan pendidikannya kejenjang lebih tinggi. Dan UT ini juga akan sangat berpengaruh bagi generasi muda saat ini yang masih ingin melanjutkan pendidikan tapi karna kekurangan biaya dia masih diberi kesempatan bekerja untuk memperoleh biaya pendidikan sendiri dan yang masih ingin mencari pengalaman pekerjaan saat-saat sekarang ini,” ujar Arya Wirawan yang jug aktivis Gerakan Mahasiwa Sibolga-Indonesia(Germasi) yang diamini oleh rekan satu tim nya Figusda Priatmo.

Kegiatan Sosialisasi ini nantinya akan memperjelas bagaimana proses Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Terbuka Tahun Ajaran 2013, penerimaan ini setiap tahunnya akan dilaksanakan dalam 2 gelombang, untuk pertama dilaksanakan pada bulan Mei dan yang kedua pada bulan Nopember nantinya.

“Ketua DPRD Kota Sibolga Syahlul Umur Situmeang dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga Drs Alpian Hutauruk, M.Pd selaku pemerhati pendidikan di Kota Sibolga ini sangat memberikan dukungan penuh kepada Kwarcab Pramuka Sibolga atas usaha dalam membantu mewujudkan visi-misi Pemerintah Kota Sibolga sekarang ini,” ucap Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga periode 2009 – 2014 Nurdin Z. (Arya)

Posting Komentar

0 Komentar