Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

Ka Kwarcab Lantik 45 Orang Penegak Bantara

Ka Kwarcab saat menyematkan tanda kecakapan
penegak bantara
Sibolga - Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Sibolga Nurdin Z melantik sebanyak 45 orang anggota gerakan Pramuka naik tingkat sebagai Pramuka Penegak Bantara. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Bumi Perkemahan (Bumper) Pramuka, Kelurahan Aek Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan, Minggu (29/5/2016).

Prosesi pelantikan dimulai dengan mengambil sumpah (Ulang Janji) terhadap 45 orang anggota Pramuka Kwartir Cabang Sibolga itu. Dalam arahannya, Nurdin Z menyampaikan Kenaikan tingkat di Gerakan Pramuka harus diiringi dengan kualitas diri. Hal ini penting mengingat kematangan berfikir insan muda Indonesia sangat ditentukan oleh kedewasaan dari segi umur dan wawasan anggota Pramuka.

“Oleh Karena itu, dengan kenaikan tingkat ini, mau tidak mau adik-adik yang dilantik hari ini dari tamu penegak ke penegak Bantara harus lebih matang dalam betindak, dan berpikir serta peka terhadap kondisi lingkungan sekitar,” pintanya.

Nurdin juga berpesan, kepada anggota gerakan Pramuka Kota Sibolga agar tidak terpengaruh oleh perkembangan zaman yang semakin merusak moral anak bangsa. Anggota Pramuka harus berada dibarisan terdepan dalam menolak pengaruh yang merusak moral seperti penyalahgunaan Narkoba dan pergaulan bebas.

“Pramuka harus menjadi pelopor dalam menolak bahaya Narkoba. Saat ini pengguna Narkoba sudah hampir 80 persen itu generasi muda. Jika ini yang terjadi maka jangan pernah berharap Generasi muda saat ini akan menjadi penerus perjuangan bangsa, oleh karena itu kepada adik-adik saya berpesan jangan sekali-kali mencoba Narkotika. Rajinlah belajar dan patuh tekepada kedua orang tua,” pungkasnya.

Sesaat sebelum pelantikan, ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab Sibolga, Arya Wirawan Panjaitan mengatakan, 45 orang pasukan yang dilantik tersebut, juga akan bertugas sebagai pengibar bendera Merah Putih pada peringatan hari proklamasi 17 Agustus mendatang.

“Sebelum dilantik, mereka terlebih dahulu menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) dimana dalam SKU tersebut terdiri dari Wawasan kebangsaan, Ilmu Kepramukaan, dan Sejarah NKRI. Setelah mereka selesai menguji SKU baru di lantik sebagai Penegak Bantara, Mereka juga merupakan pramuka binaan kwartir cabang Sibolga dan menjadi pioner kegiatan kepramukaan di Sibolga dan di daerah Sumatera Utara,” jelasnya.(Haris Sikumbang)