Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

Putma Suryadi, Terbaik I Pramuka Berprestasi Tingkat Nasional 2013

Putma Suryadi dan jajaran pengurus kwarcab Sibolga saat diterima oleh Walikota Sibolga
Samarinda, Kaltim - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga RI bekerjasama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akhirnya menetapkan Putma Suryadi, pramuka Pandega Garuda dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga Sumatera Utara sebagai terbaik I pramuka berprestasi tingkat Nasional. Penganugerahan pramuka berprestasi tingkat nasional 2013 diserahkan pada peringatan puncak Hari Sumpah Pemuda (HSP) tahun 2013 di Samarinda Kalimantan Timur.

Untuk kategori pramuka berprestasi dikelompokkan dalam 3 golongan yaitu, pramuka berprestasi masing-masing untuk pramuka penggalang garuda, pramuka penegak garuda dan pramuka pandega garuda. Ketua Kwarcab Sibolga, Nurdin Z yang turut serta mendampingi Putma Suryadi di Samarinda kepada PS. Online mengatakan bahwa prestasi sekecil apa pun layak disyukuri, konon lagi untuk prestasi tingkat nasional. "Jadi ini bukan hanya prestasi kwartir cabang Sibolga saja melainkan juga prestasi gerakan pramuka Sumatera Utara" ungkapnya bangga.

Lebih jauh, Kak Nurdin juga menuturkan bahwa prestasi yang diraih saat ini bukan datang secara instan dan dadakan tetapi melalui proses yang panjang dan tidak mudah. Ada kreteria-kreteria tertentu yang menjadi pertimbangan untuk bisa diusulkan sebagai kandidat pramuka berprestasi baik untuk tingkat cabang, daerah maupun nasional. "Bagi kami yang terpenting adalah bagaimana agar semua prestasi anggota pramuka yang diukir tidak melepaskan dirinya dari pengaktualisasian nilai-nilai darma dan satya pramuka yang menjadi kode etik gerakan kita. Oleh karena itu bukan soal berapa piagam, sertifikat atau tropi yang diraih tetapi bagaimana cara piagam dan sertifikat itu diraih. Artinya adalah proses dan cara mendapatkan semua prestasi itu haruslah dengan kearifan, fair play dan lain-lain" tutur mantan anggota DPRD Sibolga periode 1999-2004 ini.

Sementara Putma Suryadi disela-sela penyerahan Piagam dan Tropy pramuka berprestasi tingkat nasional mengaku terharu dan tidak bisa berkata apa-apa. Oleh karena prestasi yang diraih saat ini adalah sesuatu yang tidak disangka sebelumnya "Selama inikan, semua kegiatan, pengabdian dan prestasi yang teraih didedikasikan untuk keluarga dan gerakan pramuka tidak pernah terniat sedikit pun untuk menjadi pramuka berprestasi apalagi ditingkat nasional, tetapi Alhamdulillah, ini luar biasa dan tentunya ini menjadi motivasi bagi diri saya sendiri dan tentunya saya juga berharap prestasi ini menjadi motivasi bagi anggota pramuka lainnya untuk tetap tidak berhenti mengukir prestasi" imbaunya.

Amatan PS Online, selain menerima tropy dan piagam penghargaan masing-masing pemenang juga diberi uang pembinaan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI. Hadir dalam peringatan puncak HSP 2013 diantaranya, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Roy Suryo, Gubernur Kalimantan Timur, serta pimpinan SKPD sepropinsi Kalimantan Timur.