Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

Hari Pramuka ke-52 Tingkat Sumut Hikmad

Gubsu apresiasi ketertiban peserta upacara
Sibolga 29/09/2013
Gubsu selaku Irup pada upacara hari pramuka Sumut
Gelaran akbar peringatan Hari Jadi Gerakan Pramuka ke-52 tingkat Sumatera Utara tahun 2013 diperingati di alun-alun kebudayaan Simare-mare Kota Sibolga. Kwartir Cabang Kota Sibolga yang didaulat sebagai tuan rumah sukses menyuguhkan potret upacara hari pramuka yang ideal, tertib dan hikmad. Amatan PS. Online, sebanyak 1200 peserta upacara yang memadati alun-alun kebudayaan Simare-mare berdiri dengan tegap selama upacara berlangsung tanpa ada sekali pun terdengar suara riuh, seperti layaknya upacara yang sering terjadi salama ini.

Sepanjang upacara berlangsung yang di pimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho, ST. M.Si tidak satu pun peserta terlihat saling berbisik, duduk-duduk dibarisan dan melakukan gerakan-gerakan lain yang menggangu ketertiban upacara. Upacara yang berlangsung sejak pukul 16.30 Wib itu hanya diwarnai oleh jatuhnya beberapa peserta akibat pingsan karena keletihan. "Secara khusus kami mengapresiasi keseriusan adik-adik mengikuti upacara ini, karena satu-satunya yang membuat mereka harus keluar dari barisan adalah keletihan, bukan karena ribut, tidak tertib dan lain sebagainya" cetus Samsul Pasaribu sesaat setelah upacara berakhir.

Peringatan hari Pramuka tingkat Sumut di Sibolga diawali dengan upacara nasional serta tari persembahan yang disuguhkan oleh 20-an orang pramuka siaga yang diseleksi dari gugus depan sejajaran Kwarcab Sibolga. Walikota Sibolga selaku Kamabicab dalam sambutan selamat datangnya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh komponen kepanitiaan yang terlibat terutama rasa terimakasih kepada ketua persekutuan Pengakap Malaysia (Kwarnas Malaysia-red) dan rombongan yang berkenan hadir mengikuti upacara hari jadi dimaksud. 

Gubsu kalungkan lencana Melati kepada Walikota Sibolga
Upacara hari pramuka tingkat Sumut dirangkai dengan penganugerahan tanda-tanda penghargaan berupa lencana melati, darma bakti dan pancawarsa. Walikota Sibolga, Drs. HM.Syarfi Hutauruk turut disematkan Lencana Melati yang disematkan oleh Gubsu. Puncak dari parhelatan akbar pramuka Sumut ini diisi dengan multi pagelaran yang dibawakan oleh pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak. Secara keseluruhan 400 orang anggota pramuka terlibat dalam suguhan pagelaran berupa tari massal, perkusi dan marchingband.

Setelah upacara berlangsung, pada jamuan makan malam Gubsu dan rombongan, PS. Online berkesempatan bertanya langsung kepada Gatot Pujo Nugroho selaku Irup terkait jalannya upacara. Dengan serius Gubsu berucap "mantap dan sangat tertib". Pengakuan ini seakan melegitimasi bahwa apa yang direncakan panitia dan menjadi target bahwa upacara disibolga layak disebut rekor telah terbukti.

Berikut beberapa moment indah yang berhasil diabadikan PS.Online terkait hari Pramuka Tingkat Sumut di Sibolga tahun 2013