Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

55 peserta ikuti Pantauhir


Sibolga | Setelah melakukan proses yang cukup panjang, akhirnya tim seleksi Pasukan Kibar Bendera Barisn 45 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga akan melaksanakan seleksi tahap terakhir, yaitu Pantauhir bertempat di Kantor Kwartir Cabang Gerakan Pramuka. Seleksi ini bertujuan untuk lebih mengenal kepribadian dan kelayakan seseorang calon anggota Pasukan Kibar Bendera Barisan 45 Kota Sibolga.

“55 orang ini terdiri dari 29 orang putra dan 26 orang putri yang masing-masing berasal dari 12 SMA sederajat yang ada di Kota Sibolga ini. Yang nantinya akan diseleksi menjadi 2 tahap pantohir berdasarkan waktu seleksi, untuk SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, SMK Negeri 1, SMK Negeri 2, dan SMK Negeri 3 Sibolga, waktu seleski pantohirnya pada Senin (20/5), dikarenakan memilki calon peserta yang mempunyai potensi terbanyak. Sedangkan untuk MAN Sibolga, MA Swasta Darur Rachmad, SMA Swasta Muhammadiyah 15, SMA SwastaHKBP, SMA Swasta Katholik, dan SMK Sw. Muh 13 Sibolga pada selasa (21/5),” terang salah seorang Tim Seleksi, Putma Suryadi

Antusias peserta seleksi ini juga sangat tinggi, hal itu dapat dilihat dari contoh calon peserta yang berdomisli diluar daerah Kota Sibolga, yakni Kabupaten Tapanuli Tengah, agar tidak menghambat perjuangan yang telah di jalani, peserta seleksi tersebut bersungguh-sungguh belajar tentang Kota Sibolga yang nantinya pengetahuan ituakan menjadi salah satu bahan seleksi di Pantauhir nantinya, 

"Karena untuk menjadi Paskibra Barisan 45, harus mengenal bagaimana tentang daerah Kota Sibolga Secara keseluruhan,” tambah mahasiswa yang sedang membuat tugas akhir skripsi di salah satu perguruan tinggi di Kota Sibolga ini.

Ditempat terpisah, Koordinator tim seleksi pantohir Roslina Harahap, S.Pd Mat menyampaikan bahwa secara keseluruhan calon Paskibra Barisan 45 yang tersisia saat ini memiliki perilaku dan kemampuan yang baik. Melalui pantohir ini nantinya akan didapatkan yang terbaik dari antara yang baik.

“Adik-adik calon paskibra tahun ini hampir keseluruhan memilki sikap mental yang baik, yang sekiranya memilki tingkah laku yang baik di dalam kehidupan keluarga dan lingkungan sekolah begitu juga dilingkungan masyarakat,”ungkap Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Gerakan Pramuka Tingkat Cabang (Pusdiklatcab) Kota Sibolga ini.

Salah seorang peserta bernomor peserta 038, Magnus Petronius Waruwu berasal dari SMA Negeri 1 Sibolga mengatakan dirinya berkeinginan menjadi salah seorang anggota Paskibra barisan 45 diawali dengan niat dari semasa duduk di bangku SMP, yang pada saat itu aktif mengikuti berbagai kegiatan di Pramuka Penggalang seperti Jambore Nasional Tahun 2011.

“Menjadi paskibra ini memilki sebuah tugas dan tanggung jawab yang mulia dan sebuah prestasi untuk membanggakan kedua orang tua nya,”ucap Magnus.

Senada dengan itu peserta bernomor 068, Jennie Indah Pusparini asal sekolah SMA Negeri 2 Sibolga mengatakan akan bersedia memikul sebuah tanggung jawab dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga selam setahun masa bertugas. lain hal yang disampaikan nomor peserta 114, Ririn Wulandary asal sekolah SMA Negeri 3 Sibolga menyampaikan dirinya berkeinginan untuk menambah wawasan, meningkatkan kedisiplinan untuk meneruskan perjungan yang telah diraih para pejuang dimasa terdahulu serta meningkatkan rasa nasionalisme saat ini bagi generasi muda yang telah mulai memudar.(Arya)

lihat dokumentasi disini