Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

380 orang Siswa seKota Sibolga Ikuti Seleksi Paskibra 45 Tahun 2013


Sibolga | Dalam rangka persiapan peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke -68 di Kota Sibolga. Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Kota Sibolga melaksanakan seleksi Pasukan Kibar Bendera (Paskibra) Barisan 45.

Undangan pendaftaran yang telah di berikan ke Gugusdepan/Sekolah sekota Sibolga pada 15 April 2013 yang lalu mengikut sertakan siswa sebanyak 380 orang untuk diseleksi.

Salah seorang Tim Penyeleksi, Putma Suryadi mengatakan bahwa calon anggota Paskibra Barisan 45 yang akan di seleksi nantinya akan mengunakan metode dan cara seleksi yang tidak akan jauh berbeda dengan penyeleksian Tahun-tahun yang lalu. yaitu tahap pertama, penyeleksian fisik, diawali dengan seleksi ukur tinggi badan dalam ketentuan yang telah disepakati tim penyeleksi dan postur fisik para calon.

“Tentunya terlebih dahulu akan dilakukan seleksi tinggi, dimana untuk putra minimal memiliki tinggi 165 Cm dan untuk Putri 160 Cm. lalu akan di periksa lagi kesehatannya apakah buta warna atau tidak serta hal terkait dengan kesehatan lainnya agar tidak mengganggu proses latihan nantinya ketika sudah terpilih,”ucap Putma.

Setelah menyeleksi tinggi dan kesehatan, para calon anggota selanjutnya akan di seleksi kemampuan Baris-berbarisnya dengan terlebih dahulu diberikan latihan-latihan dasa baris-berbaris. Sehingga setiap calon anggota memiliki persepsi yang sama tentang cara berbaris.

“Mereka semua terlebih dahulu kita berikan latihan baris-berbaris sesuai dengan Skep Pangab No:611/X/1985 tentang Peraturan Baris-berbaris Angkatan Bersenjata. Sebab hanya peraturan itulah acuan yang baku tentang baris-berbaris,”lanjutnya lagi.

Ketua Dewan Kerja Kwartir Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Kota Sibolga, Sahrul Radja Sukriadi Tanjung menambahkan Setelah melalui proses penyeleksian berdasarkan kecakapan PBB yang dimiliki, nantinya akan menyisakan 55 orang calon peserta untuk menuju seleski tahap terakhir, yaitu seleksi Pantohir. Setelah pantohir akan didapatkan 45 orang.

“Setelah terseleksi dan di dapatkan 45 orang, mereka akan menyelesaikan SKU Bantara. Proses penyelesaian SKU Bantara,” terang Sukri.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga, Nurdin Z berpesan, agar ajang seleksi jangan menjadi ajang coba-coba atau hanya sekedar ingin tahu saja, tetapi dijadikan menjadi ajang yang memupuk rasa persaudaraan antar sesama pelajar yang ada di Kota Sibolga dan meningkatkan rasa nasionalisme terhadap bangsa dan negara. Serta setelah lulus nantinya, anggota Paskibra Barisan 45 nantinya akan diberdayakan selama setahun oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga diberbagai kegiatan yang ada, baik itu kegiatan yang mencakup dalam pemerintah Kota Sibolga, seperti upacara-upacara yang digelar oleh Pemko Sibolga dan berbagai kegiatan diluar daerah yang dikelola oleh pihak kwartir daerah maupun nasional yang kegiatannya bersifat daerah atau nasional.

“Ini tahun nya ke – 12 bagi kehadiran Paskibra Barisan 45 ada di Kota Sibolga dan yang menjadi satu-satunya Paskibra di Indonesia yang menggunakan Seragam Pramuka. Yang kehadirannya setelah pertimbangan pandangan yang saya yang saat itu menjadi Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga kepada Walikota Sibolga saat itu dijabat oleh Drs. Sahat P. Panggabean, MM,” ungkap mantan Ketuan KNPI Kota Sibolga ini.

Masih dijelaskannya, Paskibra Barisan 45 Kota Sibolga nantinya akan mendapatkan pembekalan berupa wawasan kebangsaan yang disampaikan dari Kodim 0211 SBG-TT, ilmu pengetahuan kebudayaan dari tokoh adat dan budaya yang ada di Kota Sibolga dan pertolongan pertama serta evakuasi korban dari pihak RSU dr. FL. Tobing Kota Sibolga dan masih banyak yang lainnya.

Pembukaan seleksi tersebut langsung dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Sibolga, yang mana menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga yang turut ikut serta membantu dalam menjalankan tugas tanggung jawab kepada generasi muda yang menjadi tugas pokok Dinas Budparpora Kota Sibolga.

“Semoga kegiatan ini akan berlanjut dan berlangsung lama dalam meningkatkan kredibilitas para pemuda pemegang arah kendali penerus perjuangan kemerdekaan saat ini,”ungkap Sekretaris Dinas Budparpora.(Arya/Anjos)