Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

DIKLAT P3K DAN EVAKUASI KORBAN


TANGGAP BENCANA
26 ORANG PRAMUKA PENEGAK IKUTI PELATIHAN

Sibolga/300810.PS.Online
Dalam rangka memberikan pemahaman yang jelas terhadap kesiapan generasi muda akan kemungkinan terjadinya bencana, kwartir cabang gerakan pramuka kota Sibolga bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Ferdinand Lumban Tobing menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan P3K dan tanggap bencana. Pelatihan dimaksud dilaksanakan di uala RSU.FL.Tobing Sibolga jalan FL.Tobing Sibolga.

dr. Yasin paparkan mekanisme penanggulangan korban pada peserta
Dirut Rumah Sakit Umum Dr. FL.Tobing Sibolga dalam acara pembukaan pelatihan dimaksud menekankan agar seluruh peserta benar-benar serius dan antusias mengikuti pelatihan dimaksud. Hal ini perlu dikarenakan musibah dan bencana tidak pernah diketahui dan diprediksi kapan datangnya. Oleh karena itu mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan adanya bencana dimasa yang akan datang mutlak harus dilaksanakan. Maka, anggota pramuka sebagaimana pengamalan dasar darma harus siap sedia memberikan pertolongan dan bantuan untuk meminimalisir banyaknya korban jiwa.

Sekretaris DKC, Mirwan Tanjung disela-sela acara pembukaan mengatakan, pendidikan dan pelatihan tanggap bencana di ikuti 45 orang pramuka penegak putra dan putri dan dibagi dalam dua kelompok. Untuk kelompok pertama akan mengikuti diklat 30 Agustus s/d 01 September 2010. Sedangkan termin kedua akan dilaksanakan pasca lebaran Idul Fitri 1431 H. Lebih jauh Mirwan menjelaskan, mayoritas peserta diklat tahun 2010 ini adalah anggota pramuka yang akan diterjunkan langsung pada POS Pengamanan lebaran tahun 2010. Sehingga bilamana terjadi kecelakaan, dan bentuk bencana lainnya anggota pramuka yang ikut operasi ketupat toba 2010 ini akan siap sedia memberikan pertolongan.

Ka.Kwarcab, Nurdin. Z dalam sambutannya mengatakan diklat ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan sejak tahun 2008. Dan diklat ini merupakan cikal bakal akan dibentuknya brigade penolong di lingkungan kwartir cabang gerakan pramuka kota Sibolga. Sama halnya dengan harapan dirut RSU.FL.Tobing, Ka.kwarcab juga mengharapkan apa yang didapatkan dalam pendidikan dan pelatihan tahun ini bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada sesi pertama diklat hadir sebagai narasumber adalah dr. Yasin yang menyampaikan materi Triage. Dikesempatan selanjutnya disamping mengikuti teori peserta akan praktek langsung tentang mekanisme evakuasi korban bencana. Turut hadir dalam acara pembukaan pelatihan diantaranya Ka.Kwarcab Nurdin.Z, Dirut RSU.FL.Tobing, Ancu Penegak Putra, Ketua DKC dan pengurus lainnya. Terlihat juga beberapa orang pegawai dan staff RSU.FL.Tobing Sibolga. PS.Online-syamsulpasaribu

Serius. Peserta serius ikuti diklat P3K dan evakuasi korban bencana
Narasumber paparkan materi penanggulangan bencana
Ka.Kwarcab Nurdin Z Turut mengarahakan Peserta Diklat
Beberapa tim instruktur diklat P3K dan Evakuasi Bencana
Salah seorang peserta serius ikuti Pretest sebelum mengikuti diklat

Posting Komentar

0 Komentar