Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

100 Pramuka Berangkat Kemah ke Sibolangit

Jumat, 02 Juli 2010
SIBOLGA-METRO; Sebanyak 100 orang kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Sibolga diberangkatkan untuk mengikuti Jambore Daerah Sumatera Utara (Jamdasu) 2010, Kamis (1/7). Jambore bertemakan "Satu Untuk Indonesia Gemilang" dan motto "Satyaku Darmakan Darmaku Baktikan" rencananya akan dibuka 2 Juli 2010 sampai 7 Juli 2010, di bumi perkemahan Among Wiyata Bakti Taruna Tama Sibolangit.
Pelepasan kontingen dipimpin Kepala Bawasda Kota Sibolga Drs Mas’ud Nasution, mewakili Wali Kota Sibolga Drs Sahat P Panggabean MM, dari lapangan apel kantor Wali Kota Sibolga.
Dalam sambutan Wali Kota yang disampaikan Kepala Bawasda Mas’ud Nasution mengatakan, tujuan kegiatan pramuka untuk mendidik dan membina kaum muda Indonesia guna mengembangkan mental, moral spiritual, emosional, sosial, intelektual, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berjiwa Pancasila. "Jambore Daerah Sumut ini merupakan pertemuan pramuka penggalang se-Sumatera Utara yang digelar satu kali dalam lima tahun. Pada Jambore Daerah Sumut tahun 2010, seluruh pramuka penggalang dari Kwartir Cabang di Sumut akan bertemu dan melakukan kegiatan bersama," katanya.

Wali Kota berharap, kepada peserta Jambore Daerah dari Kota Sibolga agar mampu menunjukkan rasa persaudaraan dan persatuan tinggi di kalangan pramuka penggalang. "Harumkanlah nama Kota Sibolga sebagai negeri berbilang kaum dengan memberikan kegiatan-kegiatan kreatif, rekreatif, inovatif dan produktif," imbaunya.
Dijelaskan dia, semua kegiatan bertujuan agar pramuka lebih memiliki kemampuan untuk mandiri dalam meniti dan menjalani kehidupan lebih baik pada masa mendatang. "Sasarannya, agar adik-adik sekalian dapat dapat meningkatkan ketaqwaah Kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta tanah air, memperkuat tali persaudaraan serta tumbuhnya jiwa kepemimpinan dan kepercayaan diri. Berdasarkan tujuan dan sasaran Jamdasu 2010 harus menjadi modal utama yang harus dipahami dan dijiwai dengan benar sebelum berangkat menuju tempat pelaksaan Jamdasu. Sehingga akan mengikuti dengan serius dan sportivitas yang tinggi. Dan sadarilah dengan sungguh-sungguh bahwa keberadaan pramuka sangat penting dan tunjukan prestasi serta jadilah pramuka yang mengharumkan nama Kota Sibolga," harapnya, seraya meminta pendamping tidak lalai dalam memberikan pengawasan, bimbingan dan arahan.
Pimpinan Kontingen Kwarcab Pramuka Sibolga Rolina Harahap SPd, dalam laporannya menyebutkan, jambore pramuka penggalang adalah kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar penggalang serta menitik-beratkan pada pengembangan diri peserta. Jambore daerah diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Sumatera Utara (Sumut) yang dilaksanakan sekali dalam lima tahun. "Kegiatan Jambore Daerah 2010 diselenggarakan untuk menumbuh-kembangkan rasa kebangsaan yang ber-bhineka tinggal ika, serta berupaya mewujudkan manusia yang memiliki kualitas keimanan dan ketaqwaan. Selanjutnya memiliki kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berjiwa pancasila perlu kami sampaikan setelah kegiatan jambore daerah 2010, akan dilanjutkan dengan kegiatan Jambore Nasional yang dilaksanakan tahun 2011 bertempat di bumi perkemahan Ogan Komering Ilir, Palembang Provinsi Sumatera Selatan," jelasnya.
Dia menyebutkan, peserta berjumlah 100 orang, dengan rincian 19 orang pimpinan kontingen dan staf kontingen, 32 orang peserta putra, dan 49 orang peserta putri. Anggaran kegiatan Jamdasu 2010 dari Pemko Sibolga dan iuran peserta dan staf kontingen.
Wakil ketua Kwarcab Sibolga Jamil Zeb Tumori menyampaikan, untuk memotivasi kontingen Kwarcab Pramuka Sibolga dalam mengikuti Jamdasu 2010, tiga anggota DPRD Sibolga, yakni Syahlul Umur Situmeang, Kamil Gulo, termasuk dirinya akan ikut mengantar kontingen ke Bumi Perkemahan Among Wiyata Bakti Taruna Tama Sibolangit.

sumber : Metro Siantar

Posting Komentar

0 Komentar