Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

Estafet Tunas Kelapa, Kontigen Kabupaten Klaten Diberangkatkan Bupati



Klaten | Sebagai rangkaian kegiatan Bulan Baklti Pramuka dan peringatan Hari Jadi Pramuka ke-62. Kontingen Kabupaten Klaten  diberangkatkan Bupati Klaten, Sri Mulyani mengikuti Estafet Tunas Kelapa (ETK) Pramuka Kwatir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah 2023. 

Pemberangkatan dilakukan usai upacara peringatan Hari Jadi Pramuka ke-62 di Alun-alun Klaten, Kamis (24/8/2023).

ETK adalah kegiatan tradisi dan ciri khas dari kegiatan kepramukaan di Jawa Tengah yang sudah dimulai sejak tahun 1979. Tahun ini, sebanyak 14 daerah ditunjuk sebagai titik pemberangkatan ETK menuju titik kumpul di Kabupaten Pemalang sebagai puncak kegiatan.

ETK dari Kabupaten Klaten ini melibatkan 61 anggota pramuka yang terdiri dari Pramuka Penggalang, Penegak, Pandega, serta anggota dewasa. Untuk pelaksanaannya, ETK kabupaten Klaten akan dibagi dalam dua etape dengan masing-masing berjarak 5 kilometer, yaitu dari Alun-alun Klaten ke SMP Negeri 1 Ngawen serta dilanjutkan serah terima ETK dari Camat Ngawen ke Camat Polanharjo.

Lalu pada etape kedua akan dimulai dari Balai Desa Ponggok ke Pancingan 100 Janti dan diserahkan oleh Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Klaten kepada Ketua DPRD Boyolali, Marsono.

Sesaat sebelum pemberangkatan, Sri Mulyani menyampaikan bahwa ETK merupakan ciri khas kegiatan Kwartir Daerah Jawa Tengah sekaligus sebagai kegiatan tradisi tahunan dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka.

Menurutnya, ETK dapat dimaknai sebagai bagian dari upaya untuk penyelenggaraan pendidikan non formal bagi anak-anak dan pemuda Indonesia guna menjadi generasi yang berkualitas, disiplin, bertanggungjawab, dan memiliki jiwa patriotisme.

"Ini sebagai upaya kita mendidik anak-anak kita, anggota pramuka, dan termasuk kita semua untuk bersama-sama membangun SDM kita, sekaligus mencintai kebangsaan kita, mencintai NKRI, Pancasila, dan undang-undang Dasar 1945," ujarnya. (eka)