Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

PASKIBRA KOTA SIBOLGA DIKUKUHKAN

Suasana Pengukuhan Paskibra Kota Sibolga tahun 2013 di Sasana Gupala Korem 023/KS
Sibolga | Bertempat di gedung Sasana Gupala Korem 023 Kawal Samudara, Walikota Sibolga Drs. HM.Syarfi Hutauruk mengukuhkan 70 orang anggota Paskibra Kota Sibolga tahun 2013. Pengukuhan itu sendiri diawali dengan pengucapan Ikran Putra Bangsa yang dipimpin oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Bapak Tarmizi AP. 

Menjelang Pengucapak Ikran
Dalam arahannya Walikota Sibolga mengatakan bahwa menjadi anggota Paskibraka merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan dimana dalam prosesnya tidak semua putra bangsa berkesempatan dan terpilih menjadi pasukan pengibaran bendera dimasing masing daerah bahkan hingga ke tingkat nasional. "Oleh karena itulah, kesempatan ini harus adik adik jadikan momentum untuk bangkit dan mengenali jatidiri adik-adik sehingga mampu bangkit dan berkembang kearah yang lebih baik dimasa yang akan datang" terang Walikota Sibolga.

Pengucapak Ikran Putra Bangsa
Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah kota Sibolga melalui Dinasi Budparpora Kota Sibolga telah berhasil menyeleksi 70 orang putra dan putri kota Sibolga sebagai petugas pengibar bendera pada peringatan detik-detik proklamasi ke-68 tahun 2013. Mereka adalah putra putri pilihan yang berasal dari seluruh sekolah tingkat SMA sederajat di Kota Sibolga. Penyeleksian 70 orang tersebut dilakukan didua tempat yang berbeda. Untuk kelompok 17 dan 8 diseleksi oleh Dinas Budparpora Kota Sibolga sedangkan untuk kelompok 45 yang merupakan anggota pramuka diseleksi oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga.

Barisan 45 Putri Penegak
Paskibra Kota Sibolga tahun 2013 merupakan paskibra yang menjunjung kearifan lokal. Hal ini terbukti dengan berbedanya komposisi dan formasi Paskibra Kota Sibolga dari daerah daerah lainnya di Indonesia. Seperti kita ketahui bersama, bila komposisi Paskibra terdiri dari barisan 17 dan 8 yang berseragam putih-putih dan barisan 45 yang terdiri dari unsur TNI atau Polri maka di Kota Sibolga formasi Paskibra sejak tahun 2002 memiliki keunikannya tersendiri dan menjadi kebanggaan yang menjadi perhatian nasional yaitu barisan 17 dan 8 berseragam putih-putih sedangkan barisan 45 sebagai pasukan pengawal berseragam pramuka lengkap.

Suasana mencium sang merah putih
Disela-sela pengukuhan Paskibra, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga, Nurdin Z kepada PS Online mengatakan bahwa gerakan pramuka tidak hanya kota Sibolga bahkan secara nasional berbangga akan kesempatan mulia yang diberikan kepada gerakan pramuka sebagai bagian dari paskibraka. "Secara institusional  tentunya kita bangga tetapi jauh lebih membanggakan lagi adalah adik-adik pramuka yang terlibat langsung didalamnya. dimana dengan seragam kebanggaan itu pula mereka diberi kesempatan mengibarkan bendera nasional diacara sebesar HUT RI setiap tahunnya. Jadi, hemat kami ini harus didukung terus dan dilanjutkan karena sisi positifnya jauh sangat banyak dan bermanfaat" kata mantan anggota DPRD Kota Sibolga periode 2004-2009 ini.

Hadir dalam pengukuhan Paskibra kota Sibolga 2013 antara lain, Wakil Walikota Sibolga, Dandim 0211 Sibolga Tapanuli Tengah, Kapolresta Kota Sibolga, Ketua DPRD Kota Sibolga, unsur muspida lainnya dan kepala dinas instansi sejajaran pemerintah kota Sibolga baik sipil maupun militer. (SP)

Berikut beberapa bidikan crew pada saat pengukuhan: