Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

PASKIBRA 2013 SUKSES GEMILANG

Walikota Sibolga serahkan sang merah putih untuk dikibarkan
Sibolga-17082013. Peringatan detik-detik proklamasi ke-68 tahun 2013 di kota Sibolga berlangsung hikmat dan tertib. Bahkan tidak berlebihan bila dikatakan peringatan detik-detik proklamasi tahun 2013 ini merupakan peringatan HUT Proklamasi terhikmat sepanjang sejarah kemerdekaan RI. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, kebijakan menghadirkan banyak peserta upacara diperingatan HUT Proklamasi ternyata berdampak buruk terhadap upacara itu sendiri. Tetapi untuk tahun 2013, dengan jumlah peserta upacara yang dibatasi dan terpilih, keberlangsungan peringatan hari kemerdekaan RI ini pun berjalan begitu hikmat dan nyaris tanpa cela.

Anggota Paskibra menuruni anak tangga alun alun kota
Layaknya pula tahun-tahun sebelumnya, moment penting yang paling ditunggu-tunggu pada setiap peringatan hari Proklamasi RI adalah dikibarkannya bendera merah putih oleh pasukan terpilih yang kita sebut dengan pasukan pengibar bendera (Paskibra). Untuk Sibolga, paskibra tahun 2013 sukses gemilang dalam menjalankan tugasnya. Berangkat dari daerah persiapan disisi kanan kantor Walikota Sibolga, 70 orang putra putri terpilih dengan langkah tegap bergerak menuju tribun kehormatan untuk menjemput sang merah putih selanjutnya mengibarkannya. Setelah melakukan beberapa kali manuver belok kiri dan kanan, paskibra kota Sibolga dibawah komando Lettu.Sony. tiba dihadapan Walikota Sibolga untuk selanjutnya menyerahkan sang merah putih buat dikibarkan. Membentuk formasi angka 17-8-45, sang merah putih pun dikibarkan dengan baik dan sempurna. Detik detik pengibaran sang merah putih menjadi moment yang sangat menegangkan tidak hanya bagi 70 orang anggota paskibra tetapi juga bagi seluruh undangan dan masyarakat yang hadir menyaksikan langsung peringatan itu.

Seperti tahun tahun sebelumnya khususnya diawali tahun 2002, formsasi Paskibraka di Kota Sibolga tidak sama dengan formasi paskibra pada umumnya. Khusus pasukan pengawal yaitu pasukan 45 yang umumnya dipercayakan kepada TNI atau Polri maka di Kota Sibolga dalam rangka lebih banyak melibatkan generasi muda dalam kegiatan penanaman nasionalisme terutama kecintaan kepada bangsa dan negara, maka pasukan 45 dipercayakan kepada gerakan pramuka. Maka sejak tahun 2002 pasukan pengawal atau pasukan 45 sepenuhnya menjadi tanggungjawab gerakan pramuka kwartir cabang kota Sibolga. Mulai dari penyeleksian, pembekalan, pembinaan hingga diserahkan kepada panitia tingkat kota untuk dibina dan digembleng menjadi anggota Paskibraka.

Untuk diketahui bersama peringatan detik-detik proklamasi ke-68 tahun 2013 diawali dengan pembacaan teks proklamasi oleh ketua DPRD Kota Sibolga, Syahlul Umur Situmeang, berikutnya mengheningkan Cipta dan pembacaan doa yang masing-masing dipimpin oleh Walikota Sibolga dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sibolga, Mardinal Tarigan. Pasca pengibaran sang merah putih upacara diakhir dengan laporan komandan upacara yang dipimpin oleh Kapten D. Situmorang dari TNI AL Sibolga.

Hadir dalam peringatan HUT Proklamasi RI ke-68 tahun 2013 diantaranya Wakil Walikota Sibolga, Marudut Situmorang, AP, MSP, ketua DPRD Kota Sibolga, Syahlul Umur Situmeang, Kapolresta Sibolga, AKBP Guntur Agung Supono, ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga, Nurdin Z, serta unsur pimpinan daerah lainnya baik sipil maupun militer.

berikut beberapa momen indah peringatan HUT RI ke-68 tahun 2013 yang berhasil diabadikan oleh crew PS. Online.