Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

MUSPPANITERACAB 2012 KOTA SIBOLGA SUKSES

SELISIH 1 SUARA, SUKRIADI TANJUNG DUDUKI KURSI DKC-1
Ka.kwarcab Nurdin Z (dua dari kanan) diabadikan bersama ketua DKC terpilih, Sukriadi (paling kiri)
Sibolga | Musyawarah Pramuka Penegak  Putra dan Putri (Musppanitera) tahun 2012 resmi digelar di Sibolga. pesta demokrasi ini digelar di gedung Bazis Kota Sibolga, jln. S.Parman Kota Sibolga. Berdasarkan data absensi yang ada 13 Gugus Depan hadir sebagai peserta dari 14 Gudep yang berhak hadir. untuk diketahui bersama Kwartir cabang Kota Sibolga adalah Kwarcab Istimewah oleh karena Kwarcab Sibolga tidak memiliki kwartir ranting. sehingga peserta musyawarah yang seharusnya dari masing masing kwartir ranting disesuaikan dengan kondisi cabang Sibolga yang sesungguhnya. oleh karena ke khususan itu, peserta musppanitera pun berasal dari gugus depan yang ada di jajaran kwartir cabang Kota Sibolga.

Musppanitera cabang tahun 2012 dibuka langsung oleh Kakwarcab, Nurdin Z. dalam sambutannya, mantan ketua harian kwarcab periode 2000-2005 ini menegaskan bahwa Musppanitera semata-mata bukan hanya sebagai ajang memilih ketua DKC yang baru lebih dari itu juga menjadi alat pembelajaran bagi anggota gerakan pramuka khususnya ketua-ketua ambalan untuk belajar memahami mekanisme persidangan dan penetapan peraturan dalam gerakan pramuka dan dunia nyata.

"tidak  berlebihan kiranya bila dikatakan, terpilihnya ketua DKC baru kali ini hanya menjadi alat bagi seluruh peserta untuk memahami sisi lain dari gerakan pramuka yang sesungguhnya" jelas ayah dari 4 orang anak ini. Nurdin Z juga berharap agar seluruh peserta yang hadir dan ikut bisa benar-benar menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai peserta dan untuk para kandidat yang akan maju kiranya tetap menjunjung tinggi aturan main yang fair play. 

Sidang Musppanitera cabang tahun 2012 dipimpin oleh kak Arya Wirawan, Kak Amar Khan dan Kak Desi Kristina. Rentetan Sidang Musppanitera sendiri diawali dengan Laporan Pertanggungjawaban pengurus DKC periode 2009-2012 yang disampaikan oleh ketua DKC Putma Suryadi. LPJ ini pun diterima oleh forum dengan baik. sejalan dengan penerimaan LPJ tersebut maka kepengurusan DKC periode 2009-2012 pun dinyatakan demisioner.

Puncak dari rangkaian Musppanitera adalah pemilihan ketua DKC periode 2012-2015. Dan seperti yang diutarakan di pemberitaan sebelumnya, ada dua kandidat yang mencalonkan diri yaitu kak Sahru Raja Sukriadi Tanjung dan kak Rio Prahayudi Simbolon. Sedangkan ketua DKC demisioner kak Putma Suryadi tidak lagi bersedia mencalonkan diri sebagai ketua.

untuk diketahui bersama bahwa Musppanitera cabang tahun 2012 Kwarcab Sibolga di ikuti oleh 13 Gudep dari 14 gudep yang berhak hadir. sedangkan pihak-pihak yang memiliki hak suara selain dari gudep-gudep yang ada adalah pengurus DKC demisioner dengan satu suara sehingga total suara yang diperebutkan adalah 14 suara.

Pemungutan suara yang dilaksanakan tepat pukul 13.00 Wib itu berjalan alot dan saling kejar-kejaran. Dan pada akhirnya suara terbanyak berhasil diraih oleh kak Sukriadi Tanjung dengan perolehan suara 7, sedangkan kak Rio Prahayudi meraih 6 suara sedangkan 1 suara yaitu suara yang berasal dari unsur DKC Demisioner abstein atau memilih tidak menggunakan hak suaranya untuk menjaga netralitas.

Dengan demikian, terhitung sejak tanggal 22 Desember 2012, secara de facto, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga telah memiliki ketua DKC terpilih untuk periode 2012-2015. Sedangkan secara de Jure, masih menunggu dikeluarkannya surat keputusan Kwarcab tentang kepengurusan DKC yang definitif.

Musppanitera Cabang akhirnya secara resmi ditutup oleh Wakabinawasa Kak Roslina Harapan, S.Pd Mat. secara singkat Kapusdiklacab ini berpesan kalau kepengurusan DKC periode baru harus mampu bersinergi dengan seluruh stakeholder gerakan pramuka di Sibolga dan Sumatera Utara, prestasi yang telah diraih dimasa-masa periode sebelumnya mutlak harus ditingkatkan, minimal dipertahankan. Tegasnya. (Samsul)

Photonya disini

Posting Komentar

0 Komentar