Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

Walikota Sibolga Buka Kemah Prestasi Penggalang

Sabtu 05 Februari 2011
Tingkatkan Mutu Serta Kualitas Anggota Pramuka Penggalang
Sebanyak 230 anggota Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Sibolga mengikuti Perkemahan Prestasi Penggalang (Singgalang) tahun 2011 di Bumi Perkemahan Aek Parombunan, Kelurahan Aek Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga. Acara tersebut dibuka langsung Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk, Jumat (4/2) di Sibolga.
RIDWAN -BUTARBUTAR
SIBOLGA
Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk, dalam sambutannya mengatakan, gerakan pramuka merupakan salahsatu wadah penting pembinaan anak-anak dan generasi muda bangsa. Syarfi menyebutkan, gerakan pramuka juga merupakan gabungan dan lanjutan dari berbagai organisasi kepanduan yang telah berjuang membina anak-anak Indonesia. “Gerakan pramuka ini mendidik dan membina kaum muda Indonesia guna mengembangkan mental, moral spiritual, emosional. Sosial, intelektual, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berjiwa Pancasila,” pungkas wali kota.

Dewasa ini, kata wali kota, bangsa Indonesia sedang giatnya melaksanakan pembangunan dan itu akan dilakukan secara terus menerus agar pembangunan tersebut dapat dilanjutkan, ditingkatkan dan diperluas oleh generasi muda pada masa mendatang. “Untuk itu, adik-adik pramuka penggalang harus belajar lebih keras untuk memeroleh pengetahuan sebanyak-banyaknya. Mempersiapkan diri dengan berabagai jenis keterampilan dan keahlian, sehingga mampu bekerja untuk bangsa dan masa depan anak-anak sendiri,” imbuh wali kota.
Salahsatu kegiatan bermanfaat yang dilakukan pramuka, sambung wali kota, adalah kegiatan perkemahan prestasi singgalang yang akan memberikan pelajaran tentang nilai-nilai kepemimpinan sebagai dasar pembentukan kepribadian dan moral dalam jiwa dan sanubari.
Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Perkemahan Prestasi Penggalang tahun 2011 Putma Suryadi, melaorkan, acara perkemahan ini sebagai wadah pertemuan Pramuka Penggalang untuk menjalin persaudaraan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menambah pengalaman dan memperlkuas wawasan. “Kemudian memberi kegiatan inovatif dan kreatif guna mewujudkan kemandirian anggota pramuka, mempererat rasa persaudaraan sesama anggota Pramuka Penggalang, serta membangkitkan semangat berlatih dalam upaya pengembangan intelektual dan keterampilan anggota Pramuka Penggalang di Kota Sibolga,” pungkasnya.
Menurut dia, dalam perkemahan yang mengambil tema ‘Dengan kemah singgalang kita tingkatkan mutu serta kualitas anggota pramuka penggalang Kota Sibolga’ dan Motto Satyaku Darmakan Darmaku Baktikan ini diikuti oleh anggota Pramuka Penggalang Putra dan Putri pada jajaran Kwartir Cabang gerakan Pramuk Kota Sibolga. “Setiap gugus depan mengirimkan peserta sebanyak 20 orang yang dikelompokkkan menjadi 2 regu yang masing-masing regu terdiri 10 putra dan 10 putri, ditambah pembina sebanyak 24 orang dan panitia sebanyak 45 orang. Sehingga jumlah seluruhnya sebanyak 299 orang,” terangnya, seraya menambahkan perkemahan ini akan berakhir pada hari Minggu (6/2) mendatang.
Dia menyebutkan, sekolah yang mengirimkan anggota pramuka untuk mengikuti perkemahan ini, yakni SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 6, SMPN 7, SMP swasta Muhammadiyah 26 Sibolga, SMP Swasta HKBP Sibolga, MTs Negeri Sibolga, MTs Swasta Darurrahmad Sibolga dan MTs swasta Muhammadiyah 04 Sibolga. “Dalam acara perkemahan ini juga diisi perlombaan memerebutkan trofi bergilir Wali Kota Sibolga, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga dan piala tetap yang diberikan Ketua DPRD Kota Sibolga sebanyak 7 set,” tandasnya.
Usai acara pembukaan, Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk, didampingi Ketua DPRD Kota Sibolga, Wakapolres Sibolga Kota, mewakili Danlanal, mewakili Dansatradar 234 Sibolga, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka kota Sibolga Nurdin Z, Ketua KNPI Sibolga Hendra Sahputra SE berkenan melakukan peninjauan ke seluruh kemah anggota Pramuka Kota Sibolga seraya melakukan dialog. (*)

Posting Komentar

0 Komentar