Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

Presiden Hadiri Upacara Hari Pramuka ke - 48

Jumat, 14 Agustus 2009.


Jakarta: Selaku Pembina Upacara, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari Jumat (14/8) sore menghadiri upacara Peringatan Hari Pramuka ke-48 Tahun 2009 di Lapangan Gajah Mada, Kompleks Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur. Tema Hari Pramuka ke-48 tahun 2009 adalah Tingkatkan Peran Gerakan Pramuka dalam Membangun Karakter dan Kepemimpinan Bangsa.
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Prof DR. dr. Azrul Azwar, MPH dalam laporannya mengatakan dengan tema itu, diharapkan dapat lebih meningkatkan motivasi dan bakti bagi perkembangan Gerakan Pramuka dan bagi masa depan kaum muda yang lebih baik pada masa depan. "Dalam rangkaian Hari Pramuka ke-48 tahun 2009 ini telah dilakukan sejumlah kegiatan antara lain ziarah ke makam pahlawan di seluruh Indonesia, melaksanakan program Pramuka peduli renungan dan ulang janji, jumpa tokoh Pramuka, dan upacara Hari Pramuka yang diselenggarakan secara serentak di daerah-daerah," ujar Azrul.
Dalam peringatan itu, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menganugerahkan tanda penghargaan kepada orang-orang yang dinilai sangat berjasa bagi perkembangan Gerakan Pramuka termasuk pengabdiannya dalam membantu pihak lain dalam pelaksanaan tugas baktinya. Presiden SBY menyematkan penghargaan tersebut secara simbolis selaku Ketua Mabinas Gerakan Pramuka sekaligus sebagai Pembina Upacara.
Penghargaan Lencana Melati diberikan antara lain kepada Mendiknas Bambang Sudibyo dan Meneg BUMN Sofyan Djalil. Sedangkan penerima Lencana Melati dari luar negeri antara lain, Ketua Menteri Malaysia Dato" Sri Ali Rustam dan Secretary General Boy Scoout of Philipines Jose Rizal C. Pangilinan. Total penghargaan yang diberikan untuk anggota Dewasa Gerakan Pramuka adalah Lencana Melati kepada 222 orang, Lencana Darma Bakti kepada 564 orang, penghargaan Wiratama Kelas III kepada 3 orang, Lencana Karya Bakti kepada 16 orang dan Lencana Teladan kepada 3 orang.

Atas nama negara dan pemerintah, Presiden SBY mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-48 kepada keluarga besar Gerakan Pramuka di seluruh tanah air. "Pengabdian saudara telah tercatat abadi dalam sejarah perjuangan bangsa. Saya berharap dengan usianya yang ke-48 ini, Gerakan Pramuka tambah berjaya dan lebih bisa meningkatkan baktinya kepada bangsa dan negara tercinta," kata SBY. "Selamat kepada semua yang pada hari ini mendapatkan anugerah tanda penghargaan lencana Pramuka. Kontribusi, prestasi dan jasa saudara juga tercatat dalam sejarah Gerakan Kepramukaan di Indonesia. Oleh karena itu, dengan rasa hormat, saya ikut berbangga untuk menghaturkan lencana Pramuka tersebut," tambahnya.
"Saya juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kwarnas Gerakan Pramuka atas segala prakarsa, kreatifitas dan kerja kerasnya yang ditunjukkan selama ini. Gerakan Pramuka kita setelah kita melaksanakan revitalisasi Gerakan Pramuka kini semakin berkembang dengan baik. Tentu saja apa yang telah dilakukan Gerakan Pramuka dapat ikut serta meningkatkan karakter dan kepemimpinan bangsa yang tentu saja menjadi kepedulian kita semua dan menjadi agenda penting dari Gerakan Pramuka yang kita jalankan selama ini di negeri tercinta," ujar SBY.
Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-48 tersebut diikuti kurang lebih 3.000 anggota pramuka penggalang dan penegak dari sejumlah kwarcab dari DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Hadir dalam acara tersebut antara lain, Menko Kesra Aburizal Bakrie, Menkominfo M. Nuh, Menpora Adyaksa Dault, dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Sumber: www.pramuka.or.id

Posting Komentar

0 Komentar