Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

Maskot Pramuka Sibolga


Maskot adalah bentuk atau benda yang dapat berbentuk seseorang, binatang, atau objek lainnya yang dianggap dapat membawa keberuntungan dan untuk menyemarakkan suasana acara yang diadakan. Setiap maskot yang dibuat akan diberikan nama panggilan yang sesuai dengan karakter dari maskot itu sendiri. ramuka Kota Sibolga memeliki maskot sepeti gambar di samping. Pembuatan maskot tersebut tergerak di sebabkan adanya kegiatan Jambore Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga. Akibat dari kegigihan pembuatnya maskot tersebut di pergunakan pada Jambore Cabang I di Bumper Aek Parombunan pada tanggal 25-28 Januari 2005. pembuat maskot terebut adalah Kak Syamsul , Seorang tokoh yang memiliki karakteristik unik dan menarik.

Maskot tersebut adalah seekor ikan aso-aso.ikan aso-aso selalu muncul di pagi dan sore hari di jam yang sama setiap harinya yang memiliki makna bahwa setiap anggota pramuka merupakan orang yang disiplin dan selalu menjalankan rutinitasnya dengan tepat waktu.

Ikan aso-aso juga hidup berkelompok yang artinya bahwa setiap anggota Pramuka merupakan orang-orang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi dan selalu bekerjasama dalam menyelesaikan pekerjaan.

Maskot tersebut diberi nama Siadik. Siadik merupakan singkatan dari siaso-aso cadik(licik/ pintar) yang memiliki makna bahwa setiap anggota pramuka merupakan orang-orang yang pintar dan bijaksana.

Maskot tesebut sampai sekarang masih di gunakan,walaupun sangat jarang digunakan. Namun Maskot tersebut terkhir kali digunakan pada Pengembaraan Tradisional Sumatera utara tangal 5-8 Februari 2009 yang lalu.maskot tersebut digunakan sebagi bendera kontingen. dibawah ini beberapa maskot-maskot pramuka dari daerah lain

Posting Komentar

0 Komentar